Langsung ke konten utama

Cara Backup Otomatis Google Sheet

Google Sheet sekarang sudah sangat populer karena layanan persis microsoft Excel dan bisa dikerjakan online, hebatnya lagi layanan ini gratis, meskipun gratis google sheet bisa menjadi sangat berguna bagi Anda yang bekerja tim online seperti toko online, akuntan, akademisi dan bahkan mahasiswa sehingga kehilangan data mungkin bisa terjadi karena salah pencet oleh salah satu tim Anda yang terhubung bersama didalam satu file spreatsheet.

Untuk berjaga-jaga atas kemungkinan kehilangan data, ada baiknya kita backup file google sheet secara berkala sehingga jika terjadi kehilangan data kita bisa melihat kembali pada file yang sudah kita cadangkan.

Ada 3 tahap mudah melakukan backup data file google sheet kita diantaranya adalah:

1. Persiapkan File Google Sheet yang mau di backup
2. Buka google drive lalu buat satu folder
3. Masukkan script backup di script editor pada file google sheet

Berikut ini tahap demi tahap melakukan backup otomatis google sheet:

1. File Google Sheet
Google sheet Anda tentu sudah ada untuk dibackup, silahkan buka file tersebut

2. Google Driver
Buka google drive lalu buat satu folder dalam contoh kasus ini saya buat nama foldernya "BACKUP-SHEET"
lalu buka folder tersebut perhatikan ID folder berada pada bagian akhir link url pada browser adrees Anda, perhatikan gambar dibawah ini:

Copy file tersebut dan simpan, dalam kasus ini kode folder saya adalah:
 1kCb9FvD6-sknQVqZA8PLUC0wQqjm36TG  

3. Copy Scritp ke script editor
kembali lagi ke file google sheet yang telah Anda buka tadi yang ingin Anda backup lalu masuk ke menu Tool - Script Editor

Maka akan terlihat seperti dibawah ini:

Lalu ganti kode script yang ada tersebut dengan kode script dibawah ini:
 // TahapDemiTahap.com  
 // 11 September 2018  
 // Cara backup otomatis google sheet - tahapdemitahap.com  
 function makeCopy() {  
 // membuat timestamp dan stores in variable formattedDate as hari-bulan-tahun jam-menit-detik, GMT+7 untuk WIB  
 var formattedDate = Utilities.formatDate(new Date(), "GMT+7", "dd-MM-yyyy' 'HH:mm:ss");  
 // membuat nama file yang ditambahi dengan kata Copy dan Tgl di Backup berdasarkan format tanggl diatas   
 var name = " Copy " + SpreadsheetApp.getActiveSpreadsheet().getName() + " Tgl " + formattedDate;  
 // membuat penyimpanan file folder. GANTI xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx dengan ID folder yg bisa Anda temukan di link URL pada folder google drive  
 var destination = DriveApp.getFolderById("xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx");  
 // Mengambil file yg mau di backup  
 var file = DriveApp.getFileById(SpreadsheetApp.getActiveSpreadsheet().getId())  
 // mengcopy "file" dengan "name" di "destination"  
 file.makeCopy(name, destination);  
 }  

Jangan lupa mengganti  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx    menjadi ID folder yang telah Anda buat diatas. lalu save scritp tersebut. selengkapnya perhatikan video berikut ini:

kemudian setelah jam 1 malam akan terbackup otomatis file tersebut seperti dibawah ini:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Migrasi dari Blogger ke Wordpress

Blogger merupakan layanan blog gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempublikasikan artikel atau tulisan Anda, baik untuk sekedar hobi maupun tujuan komersial seperti internet marketing, begitu juga dengan wordpress namun wordpres tidak menyediakan layanan pemasangan iklan kecuali kita menggunakan hosting sendiri dan domain sendiri. Mengapa Migrasi dari Blogger ke Wordpress? Banyak alasan orang untuk migrasi ke wordpress, bisa jadi karena ingin fitur SEO yang lebih lengkap dan Template yang bermacam-macam, juga bisa karena hal lain. Namun bagaimana cara migrasi dari blogger ke wordpress tanpa hilang pengunjung blog yang sudah ada? Berikut saya ulas 3 cara mudah migrasi dari blogger ke wordpress. 1. Import Export Cara ini memang paling mudah digunakan yaitu dengan cara mengunduh file xml blogger yang ada pada dashboard blogger pada bagian setting. setelah dapat file blog xml tersebut Anda harus convert ke vile xml versi wordpress menggunakan tool online blogger2wordpress (htt

Cara Install Wordpress di RunCloud + Vultr Website jadi Lebih Cepat

Menggunakan hosting cpanel untuk install wordpress sudah biasa dan sering kali website lambat di akses oleh user sehingga perlu cara lain agar lebih cepat, salah satunya dengan menggunkan vps, kami sudah coba beberapa vps mulai dari Digital Ocean, Google Cloud, NameCheap, Ifashnet, namun tetap juga masih lambat, ternyata bukan hanya karena vps itu yg kurang cepat namun perlu enggine yang mendukung agar kinerja vps lebih cepat, dalam hal ini adalah RunCloud. Dapatkan Gratis 5 hari RunCloud melaui link ini:  https://runcloud.io/r/kjvYNmvBWNGm Kami menggunakan runcloud agar koneksi vps lebih cepat, karena enggine bekerja di cloud sementara vps hanya space file saja, sementara database diproses di runcloud, sebagai ilustrasi silahkan lihat gambar dibawah ini: Sekarang kita tinggal pilih VPS mana yang terbaik agar performa website kita lebih mantab, berdasarkan hasil review beberapa teman dan kami sendiri sudah mencoba bahwa vps Vultr lebih cepat dan lebih murah ketimbang vps ya